Konsep Dasar Strategi Bisnis
Belajar bisnis

Konsep Dasar Strategi Bisnis

Definisi

https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-strategi-bisnis-secara-mendalam/

Apakah anda mengetahui apa itu strategi bisnis? Dalam menjalankan suatu bisnis anda harus menyusun dahulu strategi-strategi bisnis. Pengertian strategi bisnis adalah suatu arah rangkaian tindakan yang akan dilakukan seorang pengusaha untuk mencapai tujuan tertentu suatu perusahaan yang tidak keluar dari visi dan misi perusahaan tersebut. Sehingga dapat bersaing atau bahkan lebih unggul dari kompetitornya.

Pentingnya strategi bisnis perusahaan sangat erat hubungannya dengan masalah yang akan dihadapi kedepannya, oleh sebab itu banyak perusahaan yang gulung tikar akibat tidak memiliki strategi bisnis yang bagus.

Langkah-Langkah Sebelum Membangun Strategi Bisnis

http://8thinktank.co.id/business/perumusan-strategi-bisnis-sebagai-kunci-kesuksesan/

Hal yang harus dilakukan pertama kali dalam membangun sebuah strategi bisnis adalah membuat perencanaan  bisnis ini dimaksudkan agar tujuan perusahaan anda tercapai anda harus memiliki perencanaan bisnis yang tepat.

Selanjutnya anda harus mengetahui kekuatan dan kelemahan bisnis anda, hal ini bertujuan untuk menganalisa apakah bisnis anda memiliki resiko di tahap level apa.

Yang ketiga anda harus menjalankan dengan efektif dan efisian, hal ini bermaksud untuk memangkas budget operasional bisnis anda.

Yang terakhir adalah kontrol, anda harus mengontrol semua aspek bisnis anda mulai dari sumber daya manusianya, manajemen, target perusahaan dan mereview secara rutin kepada tim anda.

Contoh Strategi Bisnis

https://bisnisukm.com/strategi-menjalankan-bisnis-online.html

Setelah anda melakukan empat langkah dasar yang barusan disebutkan diatas, kita akan masuk ke bagian praktikal strategi bisnis apa saja contoh strategi bisnis yang bisa dilakukan.

  • Membuat Pasar Yang Baru

Anda dapat membuat strategi dengan menciptakan  sesuatu produk yang belum ada kompetitornya akan tetapi anda harus menganalisa apakah produk tersebut dapat diterima atau tidak, dengan begitu anda akan menciptakan pasar baru.

  • Diferensiasi Produk

Anda bisa menciptakan produk yang telah banyak peminatnya akan tetapi memberikan sentuhan inovasi sehingga menciptakan produk baru yang terlihat berbeda bahkan bisa memunculkan pasar yang baru.

  • Meningkatkan kualitas

Saat ini banyak bermunculan banyak bisnis yang mengesampingkan kualitas, padahal kualitas itu menjadi tolak ukur dalam sebuah bisnis.

Kualitas ini mencakup aspek segalanya mulai dari bahan baku, kualitas isi produk, kaualitas kemasan produk bahkan kualitas pelayanan. Anda harus bisa membandingkan kualitas produk pesaing anda dengan produk anda sendiri tentunya.

  • Mengenal Target Pasar

Untuk melakukan hal ini anda bisa berpura pura menjadi konsumen dari produk anda. Dengan begitu anda dapat menganalisa siapa sebenarnya target pasar anda dan apakah produk anda benar benar bisa bersaing atau bisa diterima oleh konsumen nantinya.

  • Menggunakan Teknologi

Anda bisa memanfaat teknologi sehingga bisa memangkas biaya operasional, bahkan dengan strategi bisnis online juga merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi.

  • Gencar Promosi

Lakukan promosi secara rutin dan harus efektif agar tidak terlalu membuang buang biaya.saat ini melakukan promosi sangatlah mudah biaya yang dikeluarkan juga tidak banyak bahkan ada juga yang tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Salah satunya dengan cara promosi di dunia digital anda bisa memanfaatkan media sosial bahkan anda bisa menargetkat ke audiense tertentu.

Apalagi promosi bisa dilakukan secara visual seperti video jadi anda bisa memberikan informasi secara detail mengenai produk anda.

Berhubungan dengan orang

https://odnv.co.id/baru-memulai-bisnis-simak-5-strategi-bisnis-untuk-pemula-ini

  • Menjalin Hubungan kepada Konsumen

Kompetisi pasar yang terus meningkat salah satu cara ampuh untuk memikat pelanggan adalah dengan membangun ikatan emosional terhadap pelanggan. Yaitu anda bisa menjalin hubungan yang lebih dari sekedar pelanggan misalkan saja anda bertanya nama, atau mengucapkan salam tahun baru atau hari raya tertentu.

Dengan begitu akan mengubah mindset pembeli yang baru akan menjadi pelanggan tetap. Dan secara otomatis mereka akan terikat secara tidak langsung.

  • Memberikan Perhatian Yang Lebih Kepada Karyawan

Tanpa dukungan dari karyawan akan sangat sulit bagi anda dalam menggapai tujuan bisnis anda jangan menganggap mereka bawahan anda tapi anggaplah mereka sebagai partner kerja dengan begitu suasana tim akan lebih solid.

Kenyamanan karyawan akan meningkatkan produktifitas, ajaklah mereka makan bersama dan memotivasi mereka agar terus bersemangat.

Kesimpulan

https://kumparan.com/prayudi-newoto1509954831730/menggagas-strategi-bisnis-1509955763350

Dengan mengerti konsep dasar strategi bisnis yang telah disebutkan diatas diharapkan bisnis anda dapat berkembang dengan pesat dan mampu bersaing dengan kompetitor yang ada.

Selain itu bisnis yang anda jalani bisa terukur secara optimal. Hal yang lebih utama dalam menjalankan strategi bisnis adalah bagaimana anda bisa memanfaatkan secara optimal segala aspek sumber daya yang ada.

Jangan ragu untuk melakukan perubahan kualitas produk dan manajemen bila dirasa selama ini kurang. Update perangkat yang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Jangan sampai bisnis yang anda jalani masih terbilang konvensional.

Di era 4.0 ini ubah arah bisnis menjadi lebih modern karena adanya perubahan arah perilaku pasar. Jangan segan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Semoga anda memahami konsep dasar strategi bisnis yang telah dituangkan dalam artikel ini dan membuat perusahaan anda lebih maju lagi.