Bisnis Modal Kecil Bisa Sukses dengan Strategi Ini
Belajar bisnis

Bisnis Modal Kecil Bisa Sukses dengan Strategi Ini

Masih menganggap buka usaha butuh modal yang besar dan bisnis modal kecil kurang efektif? Sekarang, Anda bisa mulai usaha dengan modal kecil. Ada puluhan jenis usaha yang bisa dijalankan di sela-sela kesibukan dengan modal terbatas.

Bisnis Modal Kecil Bisa Sukses dengan Strategi Ini

Buat Anda yang ingin resign dari kantor pun, beberapa usaha bisa jadi kesibukan baru. Sudah banyak pengusaha muda yang membuktikan bisnis kecil mampu berkembang pesat. Penasaran bagaimana cara mengembangkannya?

Contoh Bisnis dengan Modal Pas-Pasan

Belajar dari kisah hidup para pengusaha sukses, begitu banyak pelajaran yang bisa dipetik. Salah satunya tentu kegigihan mereka dalam menjalani ide bisnis modal kecil. Sebut saja Bob Sadino yang berawal dari kuli bangunan hingga punya supermarket besar.

Nah, Anda pun bisa coba peruntungan di bidang yang sama. Setidaknya, beragam usaha dibawah ini bisa dimulai dengan modal kecil, yaitu sebagai berikut.

Laundry Kiloan

Jasa cuci kain atau laundry memang menjamur di kota-kota besar. Ini sebanding dengan jumlah pelanggan yang membutuhkan jasa laundry. Bagi masyarakat urban, laundry kiloan jadi alternatif mencuci pakaian.

Kesibukan yang menyita waktu membuat mereka lebih nyaman mendelegasikan tugas rumah tangga tersebut. Untuk memulai usaha laundry sebenarnya tak butuh modal besar. Cukup sediakan mesin cuci, pengering, serta setrika. Hanya saja mempertahankan bisnis ini tetap jalan dan berkembang butuh usaha keras. Anda harus melirik pangsa pasar yang tepat dan lokasi strategis.

Translator atau Penerjemah

Tak ingin kemampuan berbahasa asing sia-sia begitu saja? Anda bisa membuka jasa penerjemah atau translator. Profesi penerjemah sangat dibutuhkan kalangan profesional maupun akademisi, terutama dalam penulisan skripsi, tesis, serta disertasi.

Translator atau Penerjemah

Menariknya, Anda tak butuh modal untuk memulai usaha satu ini. Lantas bagaimana mendapatkan pekerjaan dari klien? Saat ini, beberapa situs kerja, seperti sribulancer dan freelance memfasilitasi para pengguna. Setiap pengguna bakal dipertemukan dengan klien yang tepat dan bayaran memadai.

Makelar

Profesi makelar rasanya tak pernah mati ditelan zaman. Dari dulu, bisnis modal kecil ini selalu dibutuhkan dan dicari banyak orang, terlebih pembeli. Seorang makelar bertugas mencari dan menjual barang dengan harga tertentu, seperti rumah, kendaraan, maupun tanah. Di kota-kota besar, profesi ini sangat menjamur dan berkembang pesat dari waktu ke waktu.

Seiring pertumbuhan properti yang tinggi, tugas makelar pun dibutuhkan. Supaya tak mengeluarkan modal besar, Anda bisa mencoba memasarkan properti dari penjual. Tawarkan properti ke orang-orang terdekat yang mungkin tengah mencarinya. Keuntungan yang didapat bakal membayar jerih payah yang Anda lakukan selama ini.

Jasa Titip

Hobi jalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan lainnya? Manfaatkan hobi Anda untuk meraup keuntungan. Di zaman modern seperti sekarang, jasa titip bukan lagi suatu yang baru. Masyarakat urban sering memanfaatkan jasa titip untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan.

Beberapa diantaranya sengaja membuka layanan jasa titip saat bertandang ke luar negeri. Nominal yang didapat pun sangat menggiurkan, asal Anda pintar mempromosikan barang. Layanan jasa titip sendiri jadi bisnis modal kecil yang dilakukan anak mudah kini.

Kedai Kopi

Tak perlu kedai kopi mewah, cukup manfaatkan sisa ruang atau halaman di rumah. Anda bisa menyulap space tersebut untuk membuka kedai kopi kecil-kecilan. Para penikmat kopi biasanya memilih nongkrong dan menikmati secangkir kopi di kedai semacam ini.

Kedai Kopi

Selain harga yang murah, suasana kedai kopi jadi alasan utamanya. Oleh sebab itu, ciptakan ambiance yang hangat di kedai kopi mungil milik Anda.

Strategi Menjalankan Bisnis Modal Kecil

Setelah memulai bisnis, para pengusaha umumnya meragukan kesuksesan usaha mereka. Mampukah usaha yang dirintis berkembang pesat dan menyaingi iasitor lainnya? Tak mudah memang memulai usaha baru, namun bukan berarti Anda tak punya kesempatan untuk sukses.

Semuanya berawal dari diri Anda sendiri serta kerja keras yang dilakukan. Mencontoh cara bisnis modal kecil yang dikembangkan oleh Bob Sadino dan Susi Pudjiastuti, Anda ias terapkan hal ini.

Fokus dalam Menerapkan Bisnis Modal Kecil yang Dipilih

Usaha sampingan sekalipun ias maju, jika Anda ias menjalaninya. Curahkan seluruh kemampuan Anda dalam mengembangkan bisnis tersebut. Lakukan semua hal 100% tanpa harus mengorbankan hal-hal penting lainnya di dalam hidup. Walaupun bisnis sampingan, ias mencari peluang dan memajukannya. Niscaya, Anda ias meraih kesuksesan yang ada di depan mata.

Hilangkan Rasa Bosan Saat Mengeksekusi Beragam Cara Bisnis Modal Kecil

Wajar kalau bisnis Anda mengalami kemunduran, terlebih merugi. Tak ada bisnis yang lancar terus. Suatu saat pasti ada rintangan yang membuat bisnis Anda terhambat. Bisnis layaknya roda yang berputar, kadang di atas dan di bawah.

Hilangkan Rasa Bosan Saat Mengeksekusi Beragam Cara Bisnis Modal Kecil

Satu hal yang perlu Anda pegang adalah tetap kuatkan tekad dan niat. Jangan merasa bosan dalam menghadapi tantangan tersebut. Apapun yang terjadi, Anda bisa menghadapi dan mencari solusinya. Jangan terburu-buru membuka usaha lain ketika berada di fase tersebut.

Bangkit dari Kegagalan

Tak perlu meratapi kegagalan yang telah terjadi. Tugas Anda justru menghadapi kegagalan dan bangkit untuk maju. Para pengusaha sukses pasti pernah mengalami kegagalan demi kegagalan dalam hidupnya. Bisnis sukses bukan semata-mata ditentukan oleh modal yang besar. Mental dan mindset merupakan 2 hal yang mendukung dan mewujudkan kesuksesan itu sendiri.

Sabar dalam Menjalankan Bisnis Modal Kecil

Anda punya banyak waktu untuk melihat usaha berjalan mulus dan sukses. Buat apa buru-buru dan putus asa di tengah jalan? Beri waktu pada diri sendiri dan usaha Anda untuk berkembang pesat. Tanamkan rasa sabar kalau Anda ingin melihat bisnis modal kecil untung besar dilirik banyak orang.

Hindari Hal-Hal yang Merusak Bisnis Modal Kecil

Lantas, bisakah usaha yang dirintis gagal atau gulung tikar di tengah jalan? Tentu saja bisa. Banyak kisah menyedihkan dari para pengusaha yang berakhir tragis. Guna mengantisipasi kegagalan, ada baiknya hindari beberapa sikap berikut:

Malas Promosi

Malas Promosi

Bagaimana bisa orang sekitar Anda tahu produk atau jasa yang ditawarkan? Sudah banyak media promosi gratis yang bertebaran di internet. Manfaatkan platform yang ada untuk menarik minat konsumen dan menjangkau pangsa pasar yang luas. Kesalahan terbesar para pengusaha pemula adalah kurangnya promosi. Mereka tak menyasar langsung calon pelanggan yang jadi target pasar produk atau jasa.

Tak Punya Strategi

Walaupun bisnis modal kecil, bukan berarti Anda bisa menjalani dengan asal-asalan. Anda justru butuh perencanaan yang matang untuk menjalani bisnis ke depannya. Bagaimana strategi bisnis dalam jangka pendek dan panjang?

Apa tujuan Anda membangun bisnis tersebut? Apa pula target Anda dalam beberapa tahun ke depan? Jika Anda berniat membangun waralaba, mulailah menyusun dan mengajukan proposal. Proposal menjadi media tepat untuk memperkenalkan sekaligus menjalin kerjasama dengan banyak pihak.

Separuh Hati

Masih menganggap bisnis yang dijalani hanya keisengan belaka? Ubahlah cara berpikir tersebut untuk mengubah perilaku Anda dalam menjalani bisnis. Semakin Anda mengentengkan usaha, semakin sulit pula usaha berkembang. Pasalnya, Anda tak mencurahkan seluruh pikiran dan tenaga untuk mencari celah dan menemukan peluang. Sehingga bisnis stuck atau tak bergerak kemana-mana.