http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Pemasaran-Online.jpg
Belajar Bisnis Online

Pengertian Dan Konsep Pemasaran Online Dalam Bisnis

Era digital kini membawa pengaruh yang begitu besar dalam kehidupan. Rasanya hampir semua aktivitas dan kebutuhan manusia semakin dipermudah dengan kecanggihan teknologi saat ini. Bahkan termasuk dalam dunia bisnis, khususnya dalam pemasaran atau marketing yang kini beralih dari cara manual atau tradisional menggunakan cara yang lebih canggih dengan memanfaatkan teknologi yang ada atau yang dikenal dengan strategi pemasaran online. Teknik pemasaran terbaru ini dianggap lebih mampu melebarkan pemasaran bisnis dengan optimal dan juga biaya yang lebih ringan dibandingkan cara offline. Karena itulah penting bagi pebisnis untuk belajar mengenai konsep dan hal-hal yang berkaitan dalam teknik marketing ini.

Apa itu Pemasaran Online?

Jika didefinisikan secara sederhana, pemasaran online atau yang disebut sebagai pemasaran digital merupakan strategi pemasaran yang menggunakan internet. Kegiatan pemasaran yang bertujuan mendapatkan perhatian dari konsumen, semuanya dilakukan dengan memanfaatkan website, sosial media, email, hingga augmented reality. Hal ini bisa dilakukan melalui pemasangan iklan berbayar, konten berkualitas maupun postingan sederhana di media online. Ada banyak aktivitas dan interaksi dalam dunia internet saat ini, dimana ini akan membuat banyak pemilik bisnis dapat mengandalkan cara ini agar meningkatkan nilai jual produk. Hanya satu postingan saja di internet bisa diakses hingga ratusan juta orang di berbagai negara di dunia. Jadi dimanapun anda berbisnis, anda tetap bisa mendapatkan perhatian secara global saat memasuki dunia internet.

Keunggulan Pemasaran Online

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Pemasaran-Online-1.jpg

Tidak bisa dipungkiri jika kini manusia semakin bergantung dengan perangkat digital, serta kecanggihan internet dan teknologi. Apalagi jika berkatan dengan bisnis maupun komersil, kehadiran teknologi yang modern dan internet begitu membantu untuk menunjang perkembangan bisnis. Ada banyak keunggulan yang dimiliki strategi pemasaran online yang membuatnya kini banyak dipilih pebisnis dibandingkan dengan cara konvensional antara lain adalah:

  • Menjangkau lebih luas, berkat kehadiran teknologi yang semakin canggih saat ini bukanlah hal yang sulit menghubungkan satu sama lain. Bahkan jarak dan waktu bukanlah masalah besar sehingga tentu saja ini akan berpengaruh terhadap jangkauan pasar yang semakin luas.
  • Lebih menghemat waktu, biaya dan tenaga, dengan menerapkan strategi pemasaran online maka segalanya akan lebih efektif. Baik waktu, biaya dan tenaga semuanya bisa dipangkas banyak. dengan begitu anda tak perlu susah payah untuk turun tangan langsung. Bahkan tanpa keluar rumah pun anda bisa memasarkan dan memantau bisnis dimanapun dan kapanpun.
  • Proses jadi jauh lebih mudah, menggunakan teknik pemasaran online akan membantu anda untuk tidak harus banyak bertemu banyak orang ketika ingin mempromosikan bisis anda. Dengan melakukan pemasaran digital, anda hanya butuh untuk duduk manis tanpa perlu mengurus segalanya sendiri
  • Memudahkan untuk dipantau, karena menerapkan metode online maka perkembangan bisnis bisa mudah dipantau kapanpun dan dimanapun anda inginkan. Proses nya pun tidak sulit sehingga anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut
  • Paparan jangka panjang, promosi secraa offline biasanya hanya dapat bertahan 1-4 minggu. Hal ini tentunya berbeda dibandingkan pemasaran secara online yang mana merupakan proses berkelanjutan. Namun tetap  perlu dibutuhkan sedikit pembaruan sehigga konten bisa tetap terlihat menarik.

Macam-macam Strategi Pemasaran Online

Ada banyak cara pemasaran online yang bisa anda pilih dalam memperkenalkan produk atau jasa yang anda tawarkan seperti berikut ini:

1. Content Marketing

Para pengguna internet selalu mencari berbagai macam informasi melalui internet. Anda bisa menemukan informasi apa saja yang anda butuhkan disana. Karena itulah strategi pemasaran dengan menggunakan Model Content Marketing ini sangat tepat untuk menarik konsumen dengan berbagai macam infomasi yang ditawarkan dalam website pelaku bisnis. Informasi tersebut bisa berbentuk artikel, foto, video, maupun hasil riset tertentu. Hanya saja akan lebih baik jika informasi yang tersedia haruslah mempunyai keterikatan dengan bisnis yang dilakukan. Misalnya saja dalam sebuah toko online yang menawarkan produk kecantikan bisa ditambahkan informasi seputar tips kecantikan.

2. Mobile Marketing

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Pemasaran-Online-3.jpg

Strategi pemasaran online yang satu ini cukup trend karena dapat menyasar hingga ke konsumen yang menggunakan perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan lainnya. Berdasarkan survey atau penelitian mengenai aktivitas penggunaan smartphone, didapatkan sekitar 30-40% konsumen membeli produk secara online menggunakan smartphone. Karena itulah mau tidak mau bagi pemilik bisnis harus bisa mengupdate tampilan situs yang mereka miliki agar ramah atau user friendly. Sehingga website bisa mudah diakses pengguna melalui perangkat mobile.

3. Continuous Marketing

Untuk menjalankan strategi pemasaran ini, media sosial seperti Twitter atau Facebook mungkin akan jadi pilihan  yang tepat termasuk menggunakan instagram. Strategi pemasaran berkelanjutan ini lebih menekankan kepada aktivitas promosi yang ada di media sosial. Akan lebih baik lagi jika pelaku bisnis juga menganalisa data seperti memahami demografi feedback pelanggan, temasuk pula mengenai opini mereka. Sehingga ini akan membuat bisnis bisa lebih berinovasi serta menemukan konsep produk bisnis yang memang sesuai yang diinginkan pasar.

4. Integrated Digital Marketing

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Pemasaran-Online-2.jpg

Bisa dikatakan jika strategi pemasaran online yang satu ini terbilang cukup kuat. Mengapa? Sebab semua komponen sumber daya digital yang ada digunakan dengan maksimal. Ini artinya semua cara yang digunakan untuk memperkuat efektivitas pemasaran secara online akan dimanfaatkan sebaiknya. Misalnya saja seperti membuat website atau blog, menggunakan sosial media, melakukan kampanye brand dan lainnya untuk menjangkau konsumen lebih banyak. Tentu saja dibutuhkan orang-orang yang benar memahami tentang dunia digital termasuk pula dunia marketing.

5. Visual Marketing

http://villages-lorraine.com/wp-content/uploads/2020/02/Pemasaran-Online-4.jpg

Gambar atau visual akan jauh lebih banyak berbicara dibadingkan dengan teks yang panjang lebar. Bahkan ada yang mengatakan jika dalam 1 gambar mewakili 1000 kata. Dan inilah yang menjadi kekuatan dari visual marketing. Pemasaran dengan menggunakan strategi ini lebih banyak menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan pelaku bisnis kepada konsumen. Visual marketing bukan hanya di dunia nyata saja namun juga di dunia online seperti Pintereset, Instagram, hingga YouTube.

6. Personalized Marketing

Untuk strategi pemasaran ini lebih memfokuskan konsumen secara personal. Karena itulah sering disebut sebagai one to one marketing. Strategi ini menganggap jika setiap konsumen unik. Karena itulah setiap konsumen perlu diperlakukan berbeda. Untuk bisnis e-commerce, strategi pemasaran ini terbilang cukup tepat. Karena mereka dapat menampilkan produk-produk yang ditawarkan secara berbeda tergantung  masing-masing user. Mulai dari perbedaan geder, umur, minat, hobi, lokasi, dan lainnya. Dengan cara ini, konsumen bisa lebih tertarget. Namun tentunya dibutuhkan software khusus sehingga sistem pemasaran seperti ini dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Begitu banyaknya keuntungan dari strategi pemasaran online, sehingga penting bagi para pelaku bisnis untuk memahaminya. Anda bisa memilih strategi mana yang tepat dan sesuai dengan bisnis yang anda kerjakan. Sehingga pemasaran bisa dilakukan dengan maksimal  dan bisnis atau produk anda bisa dikenal lebih luas di masyarakat.