Investasi Online Menguntungkan yang Dapat Anda Coba
Belajar Bisnis Online

Investasi Online Menguntungkan yang Dapat Anda Coba

Saat ini terdapat banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk melipatgandakan pemasukan yang Anda terima, salah satunya dengan investasi online. Terdapat beragam jenis investasi dengan keunggulan yang ditawarkan.

Investasi Online Menguntungkan yang Dapat Anda Coba

Investasi online sendiri diartikan sebagai kegiatan akumulasi kekayaan dengan cara menempatkan uang pada instrumen keuangan secara online untuk memperoleh timbal hasil atau return tertentu. Sederhananya, investasi berarti Anda menyisihkan gaji bulanan Anda dan menempatkannya di Saham, Reksadana, atau SUKUK. Kunci keberhasilannya adalah menyesuaikan tujuan keuangan Anda dengan instrumen investasi yang Anda pilih.

Alasan Memilih Investasi Online

Terdapat beberapa alasan yang perlu Anda pertimbangkan untuk berinvestasi secara online.

  1. Aplikasi online memudahkan Anda untuk melakukan investasi. Anda tak perlu datang atau bertatap muka dengan pihak lembaga investasi.
  2. Biasanya, minimum investasi yang disyaratkan cukup terjangkau sehingga Anda tetap bisa berinvestasi meski dana Anda terbatas.
  3. Proses investasi lebih cepat dibandingkan dengan investasi offline.
  4. Memungkinkan Anda untuk masuk ke pasar internasional secara mudah dan murah.
  5. Anda juga dapat mengakses bahan edukasi yang interaktif dan komprehensif. Edukasi yang baik akan membuat Anda dapat memproses investasi lebih tepat.
  6. Anda dapat dengan mudah dan cepat memantau portofolio investasi.

Tips Memilih Investasi Online yang Terpercaya

Mungkin sebagian masyarakat Indonesia belum terlalu familiar dengan investasi online.  Hal yang membedakan investasi secara online dengan investasi secara offline adalah Anda bisa menggunakan perangkat mobile dan gadget untuk melakukan investasi. Mudah dan praktis, bukan? Namun, sebelum Anda berinvestasi secara online, sebaiknya Anda simak beberapa tips berikut ini.

Pahami Produk Beserta Skema Investasi Online

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi di suatu lembaga, pastikan Anda memperoleh penjelasan rinci tentang produk yang ditawarkan secara jelas dan tidak mengambang. Anda harus mendapat informasi mengenai besaran dana investasi yang dikeluarkan, aliran dana, sampai besar timbal balik yang akan Anda terima.

Anda juga perlu mencermati skema investasi yang ditawarkan lembaga tersebut. Umumnya, lembaga investasi yang ilegal menggunakan skema Ponzi. Anda perlu berhati-hati sebab skema ini telah banyak memakan korban di Indonesia.

Pahami Produk Beserta Skema Investasi Online

Anda dapat mengidentifikasi ciri umum skema ponzi, salah satunya yaitu timbal hasil investor diperoleh dari uang investor sendiri atau keuntungan baru akan dibayarkan jika Anda telah berhasil memperoleh investor baru. Umumnya, lembaga sejenis ini mewajibkan tiap investor yang telah mendaftar untuk mencari investor lain dengan alasan untuk bersama-sama membangun perusahaan.

Sebagai iming-iming, Anda akan dijanjikan memperoleh bonus uang tunai setiap Anda berhasil mendapat investor baru. Timbalan Anda akan semakin besar nilainya jika Anda berhasil mencapai target tertentu.

Jadi sesungguhnya dalam skema Ponzi ini tidak terdapat proses perputaran uang yang sehat. Anda bisa saja mengalami kerugian jika Anda tak memperoleh investor baru yang berminat bergabung. Perusahaan tersebut dapat bangkrut dan uang Anda ikut lenyap.

Ketahui Aspek Legalitas Lembaga Investasi

Pastikan lembaga yang Anda tuju mempunyai keabsahan legalitas dari segi lembaga hingga produk yang mereka tawarkan pada Anda. Umumnya, lembaga yang sah telah berbadan hukum dan mengantongi izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Ketahui Aspek Legalitas Lembaga Investasi

Berlaku pula untuk produk investasi yang ditawarkan, telah terdapat keterangan persetujuan OJK di laman resmi perusahaan. Anda bisa memverifikasi legalitas lembaga dengan mendatangi kantor OJK.

Selanjutnya Ojk akan melakukan verifikasi dan membekukan lembaga-lembaga ilegal sesuai bukti-bukti yang ada. Selain untuk meyakinkan diri Anda, Anda juga bisa membantu mencegah bertambahnya korban dari lembaga-lembaga investasi yang ilegal tersebut.

Pastikan Struktur Organisasi Lembaga Jelas

Hal penting yang menyangkut kredibilitas suatu lembaga investasi adalah struktur organisasi dan kepemilikan yang jelas. Akan menjadi suatu nilai tambah bila orang-orang yang menempati jabatan tersebut mumpuni di bidang investasi. Anda bisa menemukan informasi dan review yang bagus jika perusahaan tersebut memiliki reputasi baik.

Biasanya perusahaan akan mencantumkan informasi tersebut pada laman resmi perusahaan. Selain itu, pastikan terdapat keterangan alamat kantor secara fisik tertera. Untuk lebih meyakinkan, Anda bisa mendatangi lokasi kantor terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan menginvestasikan uang Anda.

Lembaga Menawarkan Keuntungan yang Wajar

Syarat utama sebelum Anda memutuskan untuk menginvestasikan uang Anda pada suatu lembaga yang aman adalah tawaran keuntungan yang wajar. Jika Anda merasa timbal hasil yang ditawarkan oleh lembaga tersebut tidak wajar, seperti Anda akan mendapat timbal hasil yang tinggi secara singkat, sebaiknya Anda berhati-hari.

Anda dapat memperoleh timbal hasil yang wajar dari beberapa produk investasi umum seperti saham, reksadana, atau surat utang yang umumnya berada di angka 10% sampai 20% setiap tahunnya, sehingga jika dirata-rata, keuntungan yang Anda peroleh tiap bulan masih berada di bawah angka 2 persen.

Lembaga Menawarkan Keuntungan yang Wajar

Telah banyak lembaga investasi ilegal yang menawarkan timbal hasil tinggi dalam sekejap, seperti memperoleh bunga sebesar 5% per bulan atau sama dengan 60% per tahun. Tentu saja timbal hasil tersebut tergolong tidak wajar. Jika diibaratkan, berinvestasi itu seperti memelihara tanaman, Anda membutuhkan waktu dan proses untuk dapat memetik buahnya.

Rekomendasi Investasi Online

Ada beberapa instrumen investasi online terpercaya yang dapat Anda coba.

Peer to Peer Lending

Investasi ini mempertemukan investor dengan borrower secara langsung melalui teknologi informasi milik platform P2P. Perusahaan P2P akan memilih calon borrower sesuai kriteria serta menetapkan profil risiko peminjam. Kemudian calon borrower akan ditempatkan ke platformm marketplace dan investor akan memilih borrower yang akan didanai.

Reksadana

Masyarakat Indonesia telah banyak yang mengenal jenis investasi ini. Selain itu, reksadana juga termasuk salah satu investasi online terbaik yang mudah dilakukan. Anda hanya perlu menempatkan dana Anda di Reksadana, selanjutnya Manajer Investasi akan mengelola dana investasi Anda.

Saham

Jika Anda membaca beberapa literatur finansial, banyak yang mengatakan bahwa saham merupakan instrumen investasi yang memiliki return paling tinggi. OJK dan BEI (Bursa Efek Indonesia) telah mengizinkan pembukaan rekening yang digunakan untuk transaksi saham via online agar waktu pembukaan rekening dapat dipersingkat dan inklusi jasa keuangan dapat meningkat.

Tabungan Emas Online

Seperti yang telah kita ketahui, emas merupakan salah satu bentuk investasi yang telah ada sejak lama. Namun, nyatanya investasi emas terkesan ribet karena kita harus membeli emas di toko terlebih dahulu kemudian memastikan kita telah menyimpan fisiknya dengan aman. Tak perlu khawatir sebab saat ini telah terdapat investasi emas secara online sehingga Anda bisa membeli emas secara online.

Tabungan Emas Online

Melalui artikel di atas semoga Anda menjadi lebih memahami tentang investasi online. Dengan kemajuan teknologi masa kini, semua orang bisa mengakses investasi dengan mudah dan cepat. Anda tertarik untuk mencoba?